Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli - Model pembelajaran adalah salah satu komponen mutlak dalam menciptakan suasana belajar yang aktif, inovatif, kreatif serta membahagiakan (PAIKEM).

Model pembelajaran yang hebat serta variatif bakal berimplikasi pada ketertarikan maupun motivasi peserta didik dalam mengikuti proses belajar membimbing di kelas. Dengan penerapan kurikulum KTSP serta tuntutan untuk mengembangkan model pembelajaran kreatif maka Guru wajib pula sanggup mengikuti tuntutan perkembangan dunia pendidikan terkini.

Guru wajib berani berinovasi serta beradaptasi dengan metode pembelajaran PAIKEM semacam Talking Stick, Example non Example, Think Pair Bagikan serta tak hanya terpaku pada Metode Ceramah saja. Untuk memperjelas mengapa model pembelajaran butuh dikembangkan dengan cara berkesinambungan, kami wajib kembali pada arti model pembelajaran dengan cara umum. 

Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli


Berikut ini adalah pengertian model pembelajaran menurut pendapat para tokoh pendidikan antara lain:
Menurut Agus Suprijonopola model pembelajaran yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas maupun tutorial.
Mills : “model adalah bentuk representasi akurat sebagai proses actual yang memungkinkan seseorang atau sekelompok orang mencoba bertindak berdasarkan model itu”
Richard I Arends: model pembelajaran mengacu pada pendekatan yang akan digunakan, termasuk di dalamnya tujuan-tujuan pembelajaran, tahap-tahap kegiatan di dalam pembelajaran, lingkungan pembelajaran dan pengelolaan kelas. 

Defini Model Pembelajaran Menurut Para Ahli

Model pembelajaran diartikan sebagai prosedur sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar. Dapat juga diartikan suatu pendekatan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Jadi, sebenarnya model pembelajaran memiliki arti yang sama dengan pendekatan, strategi atau metode pembelajaran. Saat ini telah banyak dikembangkan berbagai macam model pembelajaran, dari yang sederhana sampai model yang agak kompleks dan rumit karena memerlukan banyak alat bantu dalam penerapannya.

Ciri-ciri Model Pembelajaran

Ada beberapa ciri-ciri model pembelajaran secara khusus diantaranya adalah :
  1. Rasional teoritik yang logis yangdisusun oleh para pencipta atau pengembangnya. 
  2. Landasan pemikiran tentang apa dan bagaimana siswa belajar. 
  3. Tingkah laku mengajar yang diperlukanagar model tersebut dapat dilaksanakandengan berhasil. 
  4. Lingkungan belajar yang duperlukanagar tujuan pembelajaran dapat tercapai. 
Teori Model Pembelajaran menurut para ahli :
Model pembelajaran menurut Kardi dan Nur ada lima model pemblajaran yang dapat digunakan dalam mengelola pembelajaran, yaitu: pembelajaran langsung; pembelajaran kooperatif; pembelajaran berdasarkan masalah; diskusi; dan learning strategi.
Menurut Dedi Supriawan dan A. Benyamin Surasega (1990) mengetengahkan 4 (empat) kelompok model pembelajaran, yaitu: (1) model interaksi sosial; (2) model pengolahan informasi; (3) model personal-humanistik; dan (4) model modifikasi tingkah laku. Kendati demikian, seringkali penggunaan istilah model pembelajaran tersebut diidentikkan dengan strategi pembelajaran.
Menurut E. Mulyasa (2003) mengetengahkan lima model pembelajaran yang dianggap sesuai dengan tuntutan Kurikukum Berbasis Kompetensi; yaitu : (1) Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning); (2) Bermain Peran (Role Playing); (3) Pembelajaran Partisipatif (Participative Teaching and Learning); (4) Belajar Tuntas (Mastery Learning); dan (5) Pembelajaran dengan Modul (Modular Instruction).
Menurut Joyce dan Weil (1986: 14-15) mengemukakan bahwa setiap model belajar mengajar atau model pembelajaran harus memiliki empat unsur berikut. 
Sintak (syntax) yang merupakan fase-fase (phasing) dari model yang menjelaskan model tersebut dalam pelaksanaannya secara nyata (Joyce dan Weil, 1986:14). Contohnya, bagaimana kegiatan pendahuluan pada proses pembelajaran dilakukan? Apa yang akan terjadi berikutnya?
Sistem sosial (the social system) yang menunjukkan peran dan hubungan guru dan siswa selama proses pembelajaran. Kepemimpinan guru sangatlah bervariasi pada satu model dengan model lainnya. Pada satu model, guru berperan sebagai fasilitator namun pada model yang lain guru berperan sebagai sumber ilmu pengetahuan.
Prinsip reaksi (principles of reaction) yang menunjukkan bagaimana guru memperlakukan siswa dan bagaimana pula ia merespon terhadap apa yang dilakukan siswanya. Pada satu model, guru memberi ganjaran atas sesuatu yang sudah dilakukan siswa dengan baik, namun pada model yang lain guru bersikap tidak memberikan penilaian terhadap siswanya, terutama untuk halhal yang berkait dengan kreativitas.
Sistem pendukung (support system) yang menunjukkan segala sarana, bahan, dan alat yang dapat digunakan untuk mendukung model tersebut. 
Menurut Toeti Soekamto dan Winataputra (1995:78) mendefinisikan ‘model pembelajaran’ sebagai kerangka konseptual yang menggambarkan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar bagi para siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan dan melaksanakan aktivitas belajar mengajar. 

Dengan demikian dapatlah disimpulkan bahwa model-model pembelajaran merupakan kerangka konseptual sedangkan strategi lebih menekankan pada penerapannya di kelas sehingga model-model pembelajaran dapat digunakan sebagai acuan pada kegiatan perancangan kegiatan yang sistematik dalam mengkomunikasikan isi pelajaran kepada siswa untuk. - pengertian model pembelajaran menurut para ahli pendidikan

Artikel Terkait:
pengertian model pembelajaran menurut para ahli, macam-macam model pembelajaran, pengertian metode pembelajaran, pengertian model pembelajaran pdf, pengertian pendekatan pembelajaran, pengertian model pembelajaran kooperatif, pengertian teknik pembelajaran, model pembelajaran kooperatif, definisi model pembelajaran menurut para ahli, pengertian model pembelajaran menurut para ahli pdf, pengertian model pembelajaran menurut para ahli pendidikan, model pembelajaran adalah, pengertian metode pembelajaran menurut para ahli, pengertian teori model model pembelajaran, pengertian model pembelajaran menurut para ahli beserta daftar pustaka, pengertian teknik pembelajaran menurut para ahli, metode pembelajaran adalah. strategi pembelajaran adalah. pengertian model pembelajaran, pendekatan pembelajaran adalah, teknik pembelajaran adalah. model pembelajaran adalah menurut ahli, model pembelajaran adalah pdf. macam macam model pembelajaran,

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Model Pembelajaran Menurut Para Ahli"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel