Pengertian Dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran

Pengertian Dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran - Pembelajaran disekolah pada sekarang mulai disesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi, jadi terjadi  perubahan dan pergeseran paradigma pendidikan. Perkembangan pesat dibidang teknologi info terutama internet, mempercepat ajaran ilmu pengetahuan yang menembus batas-batas dimensi ruang, birokrasi, kemapanan, dan waktu. Program-program di internet bukan hanya menampilkan data dan info yang bisa ditransmisikan dengan kecepatan tinggi, namun juga ilmu pengetahuan yang bisa diakses dengan cara cepat oleh pemakainya. Dan pasti saja kondisi ini berpengaruh pada kebiasaan dan adat pendidikan yang dikelola selagi ini.
Pengertian Dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran
Kemajuan dan perkembangan teknologi telah demikian menonjol, jadi pemakaian alat-alat bantu membimbing semacam alat-alat audio,visual dan perlengkapan sekolah disesuaikan dengan perkembangan jaman tersebut. Dan juga wajib disesuaikan dnegan tuntutan kurikulum sesuai dengan materi, metode, dan tingkat performa belajar siswa supaya bisa mencapai tujuan pembelajaran dengan baik disekolah.

Untuk itu, para pengajar mulai berusaha membiasakan diri untuk menggunakan peralatan-peralatan seperti OHP, LCD, CD, VCD, video, computer dan internet dalam pembelajaran dikelas. dengan program pembelajarna yang dikembangkan ini patut dipelajari pengajar harus mempelajarinya agar mempermudah proses pembelajaran dan pendidikan, sehingga memudahkan pembelajaran untuk berjalan dengan baik dikelas.

 Pengertian Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Pengertian Media Pembelajaran, Media adalah sebuah alat yang mempunyai fungsi menyampaikan pesan (Bovee, 1997). Media pembelajaran adalah sebuah alat yang berfungsi dan digunakan untuk menyampaikan pesan pembelajaran. Pembelajaran adalah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar, dan bahan ajar. Banyak batasan atau pengertian yan dikemukakan para ahli tentang media, diantaranya adalah: Asosiasi Teknologi dan Komunikasi Pendidikan (Asosociation of Education and Communication Technology (AECT).
Dari pengertian diatas, secara umum dapat dikatakan bahwa substansi dari
media pembelajaran adalah bentuk saluran, yang digunakan untuk menyalurkan pesan, informasi atau bahan pelajaran kepada penerima pesan atau pembelajar, dapat pula dikatakan  bahwa media pembelajaran adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan dalam lingkungan pembelajar yang dapat merangsang pembelajar untuk belajar

Tujuan dan Manfaat Media Pembelajaran

  • Tujuan Media  Pembelajaran
Tujuan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran, adalah sebagai berikut :
  1. mempermudah proses pembelajaran di kelas
  2. meningkatkan efisiensi proses pembelajaran
  3. menjaga relevansi antara materi pelajaran dengan tujuan belajar
  4. membantu konsentrasi pembelajar dalam proses pembelajaran
  • Manfaat Media Pembelajaran
Manfaat media pembelajaran sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran adalah sebagai berikut :
  1. pengajaran lebih menarik perhatian pembelajar sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar
  2. bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya, sehingga dapat lebih di pahami pembelajar, serta memungkinkan pembelajar menguasai tujuan pengajaran dengan baik
  3. metode pembelajaran bervariasi, tidak semata-semata hanya komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata lisan pengajar, pembelajar tidak bosan, dan pengajar tidak kehabisan tenaga.
  4. pembelajar lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan penjelasa dari pengajar saja, tetapi juga aktivitas lain yang dilakukan seperti mengamati, melakukan, mendemonstrasikan dan lain-lainya.

Manfaat Media Pebelajaran Bagi Pengajar Dan Pembelajar

Manfaat Media pembelajaran bagi pengajar, yaitu:
  1. memberikan pedoman, arah untuk mencapai tujuan
  2. menjelaskan struktur dan urutan pengajarn dengan baik
  3. memberikan kerangka sistematis secara baik.
  4. memudahkan kembali pengajar terhadap materi pembelajaran
  5. membantu kecermatan, ketelitian dalam penyajian dalam pembelajaran.
  6. membangkitkan rasa percaya diri seorang pengajar.
  7. meningkatkan kualitas pembelajaran
Manfaat media  pembelajaran bagi pembelajar, yaitu:
  1. meningkatkan motivasi belajar pembelajar
  2. memberikan dan meningkatkan variasi belajar pembelajar
  3. memberikan struktur materi pelajaran
  4. memberikan inti informasi pelajaran
  5. merangsang pembelajar untuk berpikir dan beranalisis.
  6. menciptakan kondisi dan situasi belajar tanpa tekanan.
  7. pelajar dapat memahami materi pelajaran dengan sistematis yang disajikan pengajar .

Pertimbangan Pemilihan Media Pembelajaran

Pertimbangan media yang akan digunakan dalam pembelajaran menjadi pertimbangan utama, karena media yang dipilih harus sesuai dengan:
  1. tujuan pengajaran
  2. bahan pelajaran
  3. metode mengajar
  4. alat yang dibutuhkan
  5. pribadi mengajar
  6. minat dan kemampuan mengajar
  7. situasi pengajaran yang sedang berlangsung
Keterkaiatan antara media pembelajaran dengan tujuan, materi, metode, dan kondisi pembelajar, harus menjadi perhatian dan pertimbangan pengajar untuk memilih dan menggunakan media dalam proses pembelajaran dikelas, sehingga media yang digunakan lebih efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pembelajaran. Sebab media pembelajaran tidak dapat berdiri sendiri, tetapi terkait dan memiliki hubungan secara timbalebalik dengan  empat aspek tersebut. Dengan demikian, alat-alat, sarana, atau media pembelajaran yang digunakan harus disesuaikan dengan empat aspek tersebut, untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.

Fungsi Media Pembelajaran Sekolah

Media Pembelajaran berfungsi untuk merangsang pembelajaran dengan:
  1. menghadirkan obyek sebenarnya dan obyek yang langkah
  2. membuat duplikasi dari obyek yang sebenarnya
  3. membuat konsep abstrak ke konsep konkret
  4. memberi kesamaan persepsi
  5. mengatasi hambatran waktu, tempat, jumlah, dan jarak
  6. menyajikan ulang informasi secara konsisten
  7. memberi suasana yang belajar yang tidak tertekan, santai, dan menarik.
Selain fungsi diatas. Livie dan Lentz (1982) mengemukakan 4 fungsi media pembelajaran yaitu:
  1. fungsi atensi berarti media visual merupakan inti, menarik dan mengrahkan perhatian pembelajar akan berkosentrasi pada isis pelajaran
  2. fungsi afekti maksudnya media visual dapat dilihat dari tingkat kenikmaran pembelajar ketika belajar membaca teks bergambar.
  3. fungsi kognitif yaitu mengungkapkan bahwa lambang visual mempelancar pencapaian tujuan dalam memahami dan mendengar informasi
  4. fungsi kompensatoris yaitu media visual memberikan konteks untuk memahami teks dan membantu pembelajr yang lemah dalam membaca untuk mengorganisasikan informasi dalam teks dan mengingatnya kembali.

Dari empat fungsi visual, dapat dikatakan bahwa belajar dari pesan visual memerlukan keterampilan tersendiri. tehnik afektif adalah tehnik untuk memahami tehnik pesan visual. yang terbagi dari beberapa fase seperti dibawah ini:
  1. fase differensiasi. yaitu dimana pembelajar mula-mula mengamati, mengidentifikasi dan menganalisis
  2. fase integrasi yaitu di mana mempelajar menempatkan unsure-unsur visual secara serempak, menghubungkan pesan-pesan visual kepada pengalaman pengalamannya.
  3. kesimpulan, yaitu dari pengalaman visualisai untuk kemudian menciptakan konseptualisasi baru dari apa yang mereka pelajari sebelumnya.

Hasil penelitian Edmund Faison, dkk dalam Nana Sudjana dan Ahmad Rivai tentang penggunaan gambar visual dalam pembelajaran disimpulkan:
Terdapat beberapa hasil penelitian bahwa untuk memperoleh hasil belajar bagi pembelajar secara maksimal yaitu:
  1. gambar-gambar yang digunakan harus jelas
  2. gambar harus familiar dgn pembelajar
  3. gambar yang digunakan ukurannya cukup besar - Karakteristik Media Pembelajaran

Artikel Terkait:
pengertian media pembelajaran menurut para ahli,fungsi media pembelajaran,pengertian media pembelajaran pdf,manfaat media pembelajaran,jenis jenis media pembelajaran,artikel media pembelajaran,pengertian media pengajaran,pengertian media pembelajaran matematika,manfaat media pembelajaran,tujuan media pembelajaran,fungsi media pembelajaran menurut para ahli,makalah fungsi media pembelajaran,fungsi media pembelajaran pdf,pengertian media pembelajaranfungsi media pembelajaran, menurut levie dan lentz,fungsi media pembelajaran sekolah,tujuan media pembelajaran menurut para ahli,jenis-jenis media pembelajaran,fungsi media pembelajaran,artikel tujuan media pembelajaran,tujuan media pembelajaran interaktif,pengertian media pembelajaran,manfaat media pembelajaran,tujuan media pembelajaran pdf,macam-macam media pembelajaran,jenis-jenis media pembelajaran menurut para ahli,karakteristik media pembelajaran,jenis-jenis media pembelajaran pdf,jenis-jenis media pembelajaran matematika,pengertian media pembelajaran,manfaat media pembelajaran,jenis-jenis media pembelajaran bahasa inggris,

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Dan Jenis-Jenis Media Pembelajaran"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel