Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) - Sebelum memulai mengajar seorang guru atau pendidik diharuskan untuk membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Diharapkan dengan guru membuat RPP bisa meningkatkan kualitas saat mengajar karena tertata dan runtut dalam memberi pelajaran ke siswa dan bisa mempersiapkan semua model dan media pembelajaran yang akan digunakan dan tentunya disesuaikan dengan Materi Pelajaran yang akan diajarkan.
Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Kali ini saya akan membagikan contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik. Anda bisa mempelajari dengan mudah dan bisa mempraktekkannya. Dibagian akhir kami sediakan file RPP ini dalam bentuk doc agar bisa lebih mudah anda pelajari.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah : SD Negeri............
Mata Pelajaran/Tema : Tematik/Lingkungan
Kelas / Semester : III / 1 (Satu)
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit ( 1 x Pertemuan)
Hari, Tanggal Pelaksanaan : Rabu,28 Desember 2011

A. STANDAR KOMPETENSI
1. SBK
1. Mengekspresikan diri melalui karya seni musik
2. IPA
1. Memahami ciri-ciri dan kebutuhan mahkluk hidup serta hal-hal yang mempengaruhi perubahan pada makhluk hidup.
3. MATEMATIKA
1. Melakukan operasi hitung bilangan sampai tiga angka
B. KOMPETENSI DASAR
1. SBK
1.1 Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak dengan atau tanpa iringan sederhana.
2. IPA
1.2 Menggolongkan makhluk hidup secara sederhana
3. MATEMATIKA
3.1 Menentukan letak bilangan pada garis bilangan
C. INDIKATOR
1. SBK
Menjelaskan cara menyanyikan lagu anak-anak tanpa iringan.
2. IPA
1.Menggolongkan hewan berdasarkan tempat hidupnya
3. MATEMATIKA
1.Membandingkan dua buah bilangan dengan simbol <, >, dan =
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. SBK
a. Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian lagu anak-anak disertai dengan tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian lagu anak-anak dengan benar.
b. Setelah memperhatikan penjelasan guru tentang contoh lagu anak-anak disertai dengan tanya jawab, siswa dapat memberikan 3 contoh tentang lagu anak-anak dengan benar.
c. Setelah memperhatikan demontrasi guru dalam menyanyikan lagu anak-anak dengan penugasan, siswa mau mempraktekan menyanyi lagu ”Kebunku” dalam kegiatan di kelas dengan senang hati.
2. IPA
a. Setelah memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang penggolongan tempat hidup hewan,siswa dapat menyebutkan 4 penggolongan tempat hidup hewan dengan benar.
b. Setelah berdiskusi disertai penugasan tentang contoh hewan yang hidup di darat,di laut,di udara,di darat dan di air siswa dapat menyebutkan 3 contoh contoh hewan yang hidup di darat,di laut,di udara,di darat dan di air dengan benar.
3. MATEMATIKA
a. Setelah memperhatikan penjelasan guru disertai tanya jawab tentang arti simbol <,>,= siswa dapat menjelaskan arti simbol <,>,= dengan benar.
b. Melalui penjelasan guru tentang contoh penggunaan simbol <,>,= pada dua bilangan,siswa dapat menentukan contoh penggunaan simbol <,>,= pada dua bilangan dengan benar.
c. Melalui penugasan tentang contoh soal-soal yang menggunakan simbol <,>,= siswa dapat menentukan contoh soal-soal yang menggunakan simbol <,>,= dengan benar.
E. MATERI PEMBELAJARAN
Materi diambil dari indikator yang akan di targetkan
F. METODE, MODEL DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya Jawab
c. Diskusi
d. Penugasan
e. Pengamatan Gambar
2. Model Pembelajaran
Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL, Problem Based Learning)
3. Media
a. Teks lagu “Cicak-Cicak”
b. LKS
c. Gambar Hewan
G. LANGKAH PEMBELAJARAN
1. Kegiatan Awal ( ± 10 Menit)
a. Salam Pembuka
”Assalamualaikum Wr.Wb ”
b. Berdo’a
”Sebelum pelajaran di mulai mari kita berdo’a dulu ”
c. Mengabsen Kehadiran
”Siapa diantara kalian yang hari ini tidak masuk? Kenapa?(kalau ada)”
d. Apersepsi
”Siapa di antara kalian yang pernah melihat cicak? Dimana kalian melihat cacak?
e. Orientasi
”Hari ini kita akan belajar tentang penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya, menyanyikan lagu anak-anak”Cicak-Cicak“dan membandingkan 2 bilangan menggunakan simbol-simbol matematika .Ibu berharap setelah pelajaran selesai kalian dapat penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya,menyanyikan lagu anak-anak”Cicak-Cicak“dan membandingkan 2 bilangan menggunakan simbol-simbol matematika dengan benar.
f. Motivasi
Guru memberikan motivasi verbal terhadap anak, agar anak lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

2. Kegiatan Inti ( ± 40 Menit)
a. Eksplorasi
1) Siswa memperhatikan guru tentang macam-macam lagu anak-anak.
2) Siswa dengan seksama memperhatikan dan mendengarkan lagu anak anak “ Cicak-Cicak”
3) Siswa mengamati gambar-gambar hewan
4) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya.
5) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang contoh hewan yang hidup di darat,di air,di darat dan di air serta di udara.
6) Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang arti simbol <, >, dan =
7) Siswa dibentuk kelompok dengan teman sebangku.
b. Elaborasi
1) Siswa bersama sama menyanyikan lagu anak-anak “ Cicak-Cicak”.
2) Siswa secara individu menyanyikan lagu anak-anak “Cicak-Cicak”.
3) Siswa secara individu maju ke depan mengerjakan soal yang berkaitan dengan penggunaan simbol <, >, dan =
4) Guru menanggapi penampilan siswa dalam menyanyikan lagu anak-anak “Cicak-Cicak”.
5) Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
6) Guru membagikan LKS (Lembar Kerja Siswa) tentang penggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya.
7) Siswa dengan bimbingan guru berdiskusi secara berpasangan mengisi LKS untuk menggolongan hewan berdasarkan tempat hidupnya.
8) Siswa membacakan hasil diskusi di depan kelas.
9) Guru menanggapi hasil diskusi anak.
c. Konfirmasi
1) Guru memberikan masukan terhadap penampilan anak dalam menyanyikan lagu anak “Cicak-Cicak”.
2) Setiap kelompok membacakan hasil kerja mereka untuk ditanggapi kelompok lain.
3) Guru memberikan penguatan kepada siswa.
4) Siswa bersama guru menyimpulkan materi.
5) Siswa bersama guru memasang hasil karya.
3. Kegiatan Akhir ( ± 20 menit)
a. Siswa menanyakan hal yang belum jelas.
b. Siswa bersama guru menyimpulkan materi pelajaran.
c. Siswa mencatat materi penting.
d. Siswa melaksanakan evaluasi berdasarkan KKM.
e. Siswa bersama guru mengakhiri pelajaran dengan do’a.
f. Siswa menjawab salam dari guru.
8. SUMBER PEMBELAJARAN
Dyah Sriwilujeng,dkk. 2007. Pembelajaran Terpadu dengan Pendekatan Tematik Untuk SD Kelas III Semester 1. Jakarta: Erlangga. (halaman 127 – 130)
Haryanto. 2004. Sains untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Erlangga. (halaman 12 – 14)
Haryana Humardani dan Ratna Sari Dewi. 2010. Seni Budaya dan Keterampilan untuk SD/MI Kelas III. Surakarta: Grahadi. (halaman 102)
S. Rositawaty dan Anis Muharam. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 3
untuk Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas. (halaman 23 – 25)
Tim Bina Karya Guru. 2007. Seni Budaya dan Keterampilan untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta: Erlangga.
Untuk lebih lengkanya anda bisa mendownload file Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Disini

Artikel Terkait:

contoh rencana pelaksanaan pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar rencana pelaksanaan pembelajaran ktsp rencana pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris rencana pelaksanaan pembelajaran matematika pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran tematik rencana pelaksanaan pembelajaran ktsp rencana pelaksanaan pembelajaran sekolah dasar kurikulum 2013 pengertian rencana pelaksanaan pembelajaran rencana pelaksanaan pembelajaran smp rencana pelaksanaan pembelajaran paud

Belum ada Komentar untuk "Contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel